Cara Menggunakan APK TOOL | dedendeni75blog
logo

Cara Menggunakan APK TOOL


Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamualaikum Wr. Wb.


Masih tentang Android Sob…Kali ini ane mau posting tentang pengalaman ane nyobain compile Decompile file apk dengan APK Tool tentunya udah banyak yang ngebahas tentang postingan ini, tapi kita positip thinking aja ya sob, makin bayak yang posting makin mudah kita mencari artikel yang lagi kita butuhkan dan artikel yang  pertama kali muncul, akan menjadi induk dari artikel-artikel yang lainnya. Selama masih pada jalur dan kode etik perblogeran… wuuuaaallllaaahhhhhhhh jadi ngalantur kamana wae…uy..ah. 

APK+Tool

Oce cekidot and back again about how to use APK TOOL.
Apa saja yang dibutuhkan:

Kalau yang sudah install program eclipse yang bundle biasanya sudah termasuk di dalamnya, kalau yang belum dan hanya menggunakan emulator androidnya saja silahkan di download dulu JRE nya.

APK TOOL




Download keduanya lalu buka dengan winrar, apktool berisi file apktool.jar kemudian apktool-install-windows berisi file aapt.exe dan apktool.bat. setelah itu ane bikin folder baru di drive D dengan nama APKTOOL lalu ane masukan ke 3 file yang tadi.
Buka Command. Run> cmd dan masuk ke direktori D:\APKTOOL

apktool d file.apk [direktori]
Contoh - apktool d D: \ piano.apk D: \ piano
Textnya pake warna ijo biar sesuai warnanya sama android si robot hijau
Selesai!


Apktool membutuhkan file-file framework untuk memecahkan kode dan membangun apks.
framework standar sudah termasuk dalam  apktool, sehingga ane  tidak perlu melakukan perubahan untuk file apk. Lihat tanda panah merah yang ada di gambar, Tapi beberapa produsen, misalnya Samsung, menambahkan file framework mereka sendiri dan menggunakannya dalam aplikasi sistem. Untuk menggunakan apktool terhadap aplikasi tersebut, harus menarik framework dari perangkat dan menginstal / mendaftarkannya ke apktool.
Ane tidak melakukan percobaan itu karena ane ga punya fisik gadget androidnya lagipula terlalu beresiko untuk menarik framework dari gadget yang asli takut rusak he…he… walaupun ada, ane rada-rada mikir dulu.
Tapi dari beberapa sumber yang ane baca misalnya, ane ingin melihat sandi TouchWizLauncher.apk dari Android v2.2 Galaxy 5. Jika ane mencoba untuk melakukan itu, ane akan mendapatkan pesan error:


Dan katanya perlu diinstal framework apktoolnya  framework-res.apk & twframework-res.apk, maka akan muncul file yang kedua yaitu 2.apk dari gambar yang ada tanda panah merahnya di atas.


Sekarang ane compile lagi folder piano menjadi piano.apk tentunya setelah ane liat-liat dan coba-coba dalamnya file piano.apk:
Cukup ketik
apktool b [direktori di mana sobat telah menyimpanya], ane sih simpan di direktori D:\piano
Contoh - apktool b D: \ piano  
 Selesai dah!


Sobat akan menemukan file apk di dalam direktori yang sobat simpan, seperti ane  di  D: \ piano\ dist \ piano.apk

Sekarang ane harus sign file APK .
Ketika mempublikasikan aplikasi atau custom rom ane perlu menandatangani apk atau. File zip. Dengan sertifikat menggunakan kunci pribadi. Sistem Android menggunakan sertifikat untuk mengidentifikasi penulis aplikasi dan membangun hubungan kepercayaan antara aplikasi. Cara klasik untuk melakukan hal ini adalah menggunakan keytool kemudian menandatanganinya dengan jarsigner.
 Dalam hal ini ane menggunakan metode alternatif yang relatif mudah digunakan bagi kebanyakan orang untuk menggunakannya yaitu dengan  SignApk.jar.
download dulu SignAPK 
Ekstrak ke direktori yang sobat ingan. Ane sih simpan di D: \ SignApk

Cd D: \ SignApk
java-jar signapk.jar certificate.pem key.pk8 Anda-Anda app.apk-app-signed.apk
Contoh : java-jar signapk.jar certificate.pem key.pk8 D: \ piano \ dist \ piano.apk  D: \ piano \ dist \ piano-signed.apk


APK ane sudah  ditandatangani dan siap diinstal.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Description:Cara Menggunakan APK TOOL Rating: 5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Menggunakan APK TOOL

Posted by:

dedendeni75blog

Updated at : 5:27 PM

Labels

7 Responses to “dedendeni75blog ”

Silahkan tinggalkan komentar anda, Mohon maaf apabila komentar tidak secepatnya saya balas.

© 2013 dedendeni75blog | Powered by Blogger