Mengatasi Kamera CCTV Tidak Tampil Di Monitor | dedendeni75blog
logo

Mengatasi Kamera CCTV Tidak Tampil Di Monitor

Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamualaikum Wr. Wb.

Mengatasi Kamera CCTV Tidak Tampil Di Monitor
Kali ini ane mau cerita pengalaman ane waktu ngoprek CCTV PC-base DVR 4 channel punyanya Boss temen ane yang dipasang di rumahnya dan CCTV PC-base DVR 16 channel yang di pasang di perusahaannya. 







Mula-mula temen ane telp dan minta tolong kalau printer  Boss nya di tempat dimana  dia bekerja , ga bisa ngeprint sama sekali. Singkat cerita ane datang dan langsung cek & ricek, ternyata ga ada masalah sama sekali dengan printernya karena waktu ane printest tanpa cpu atau self print test, printer dalam keadaan baik-baik saja  dan masalahnya ada pada cpu nya yang softwarenya  banyak file yang corrupt sehingga device usb printer tidak di temukan dan sebagian program aplikasi tidak bisa di gunakan.

Penyebabnya banyak sekali, diantaranya terkena virus lalu setelah di scan file yang terinfeksi ikut terdelet akhirya sebagian aplikasi ada yang tidak bisa digunakan. Dan solusi yang paling tepat tentunya dengan install ulang softwarenya, tapi ini Komputer  Boss temen ane yang barangkali  ada data-data yang penting, untuk itu ane backup dulu data-datanya ke drive lain dan untuk menghindari data-data yang belum terbackup ane bikin juga master imagenya dari keseluruhan partisinya.
 Ane backup menggunakan USB Multiboot Dos, OS, hiren’s dan Utility yang selama ini nemenin ane kamana ane pergi. Oh iya sob untuk bikin USB Multiboot sekarang banyak yang bahas dan lebih mudah, tinggal download softwarenya dan ikuti langkah-langkahnya .
Diantaranya bisa menggunakan Win Usb Maker, A bootable usb, linux iso pendrive, Sardu, Novicorp, unetbootin dll ga kaya dulu sekitar 7 tahun yang lalu ga tau 17 tahun yang lalu he…he… ane lupa lagi, bikinnya manual  kalau sekarang banyak yang udah metic he…he…yang ane inget dulu pake syslinux.
By H.Peter Anvin sampe inget diluar kepala karena begitu pertama booting selalu namanya yang keliatan duluan, ni photonya . 



Hans Peter Anvin, yang dikenal sebagai H. Peter Anvin, adalah seorang programmer komputer yang lahir tahun 1972 di Vasteras Swedia. yang membedakan dirinya dengan programmer Komputer lainnya karena kontribusinya terhadap sofwtware gratis dan open source projek dan ia adalah pencetus Syslinux. 
Sekarang kita Kemmballi ke lapppptop…akhirnya setelah ane install ulang softwarenya, masalah printer Boss temen ane yang ga bisa ngeprint bisa teratasi.
Lalu temen ane bilang “ Kang!  si Boss nanyain bisa benerin CCTV ga? Katanya CCTV di rumahnya Cuma keluar satu kamera, padahal dia pasang 4 kamera terus yang di sini katanya Cuma keluar 3 kamera padahal yang di pasang 16 kamera? Dia manggil akang karena usianya lebih muda dari ane sekitar 2 atau 3 tahunan.
Lalu ane jawab, ane sih bukan teknisi CCTV! tapi kalau mau di cek dulu sih ga apa-apa . Lalu ane dianter kerumahnya Boss temen ane itu oleh salah seorang karyawannya untuk ngecek dulu CCTV yang ada di rumahnya. Setelah sampai dirumahnya,  ane langsung ngecek CPU yang dipake untuk CCTV dan ternyata ditemukan dalam keadaan matot sob…
Penyebabnya ternyata dari

  1.     Colokan Kabel stabilizer yang terbakar
  2.     Kabel Power Ke CPU yang kadang nyambung kadang ga
  3.     Temperatur CPU yang tidak stabil
Setelah Colokan kabel stabilizer dan kabel powernya di ganti, baru CPU bisa nyala kembali sekalian ane tambahin cooling pan 12V sebagai pendingin tambahan.
CPU yang dipakai buat CCTV menggunakan windows XP, dan program CCTV sudah terinstall di startupnya, jadi begitu masuk windows XP langsung juga tampil 4 layar kamera CCTVnya dan ternyata memang benar dari 4 kamera Cuma satu kamera yang tampil di layar monitor.

Penyebabnya ternyata dari kabel coaxial yang sudah terpasang connector Bnc

Dengan Pigtail yang terpasang ke DVR 4 channel


Setelah Di  coba di buka dan di sambungkan kembali antara kabel coaxial yang sudah terpasang connector Bnc dengan pigtail DVR 4 channel barulah muncul semua kamera dilayar monitor. awalnya mungkin dari ke 3 penyebab di atas sehingga terjadi induksi listrik.

Untuk seting PC-Base DVR dan agar CCTV bisa diakses via internet konsepnya kira-kira seperti diagram dibawah ini :


Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke sini http://tanyaalarm.blogspot.com/

Setelah pekerjaan dirumah Bossnya temen ane selesai ane kembali ke perusahaannya untuk ngecek CCTV PC-base DVR 16 channel yang kameranya cuma tampil 3 di monitor. Servernya  kira-kira seperti ini bedanya cuma ditampilan depannya aja pakai fiber transparant


Card DVR 16 channel dan Pigtailnya seperti ini

Cukup Lama ane ngecek CCTV PC-base DVR 16 channel ini, mulai dari sambungan kabel-kabel pigtail yang terkoneksi ke kamera CCTV dicabut pasang lagi, seperti yang ane lakukan dirumah Boss temen ane sampai ke aplikasinya bahkan sampai mengira kameranya pada rusak, tapi setelah ane coba kameranya satu persatu melalui kabel pigtail yang moitor CCTV nya tampil di monitor, ternyata kameranya bisa tampil cuma ada beberapa yang tampilannya bergaris, bercahaya, ada juga yang normal bersih. Tapi dari informasi yang ane terima kalau kamera bergaris biasanya ada induksi listrik disekitar sambungan kabel coaxial yang sudah terpasang conector Bnc dengan kabel pigtail yang tersambaung ke DVR card CCTV dan yang bercahaya adanya cahaya yang memantul di sekitar kamera CCTV sementara beberapa kamera CCTV yang tidak bisa tampil di layar monitor bisa disebabkan oleh DVR card itu sendiri. Akhirnya ane terangkan permasalahannya untuk kasus DVR 16 channel ini dan dikarenakan ane ga punya alat-alat ataupun sparepart DVR cardnya ane saranin untuk manggil teknisi CCTVnya, biasanya mereka punya alat-alat dan sparepartnya.
Demikian postingan ane kali ini semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Description: Mengatasi Kamera CCTV Tidak Tampil Di Monitor Rating: 5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Mengatasi Kamera CCTV Tidak Tampil Di Monitor

Posted by:

dedendeni75blog

Updated at : 1:56 AM

Labels

Silahkan tinggalkan komentar anda, Mohon maaf apabila komentar tidak secepatnya saya balas.

© 2013 dedendeni75blog | Powered by Blogger