Cara Service Laptop Matot ( Mati Total ) | dedendeni75blog
logo

Cara Service Laptop Matot ( Mati Total )

Cara Service Laptop Matot ( Mati Total )

Postingan kali ini ane mau berbagi pengalaman tentang Cara Service Laptop Matot  ( Mati Total ), ada banyak penyebab yang mengakibatkan laptop kesayangan kita matot ( Mati Total ) mulai dari human error atau kesalahan pengguna atau pada perangkat laptop itu sendiri yang mungkin karena seiring berjalannya waktu terjadi kerusakan pada perangkat hardwarenya, dan pada postingan ane kali ini mengenai Service Laptop Matot  sumber kerusakan bermula dari Power Adaptor laptopnya.









Ceritanya begini sob, Minggu kemaren ponakan ane yang kerja di Bank Mandiri datang sambil bawa laptop Compaq kesayangannya yang katanya abis di pinjem temennya malah jadi matot padahal sehari sebelum di pinjemin masih normal-normal aja. Setelah ane coba ternyata memang bener ga ada respon apapun dari laptopnya, lampu laptop dan lampu power adaptornyapun ga hidup sama sekali. Seharian  coba cek & ricek laptop Compaq ini, ane bongkar mulai dari power adaptornya sampai laptopnya tapi hasilnya nihil, akhirnya ane beresin lagi karena memang suasana hatinya lagi rada-rada kurang mud.

Selang 2 hari temen ane nelpon minta tolong untuk cek laptopnya katanya baru di servis tapi malah jadi matot alias mati total. Sorenya dia nganterin laptopnya ke rumah ane. Ternyata laptopnya sama dengan punyanya ponakan ane merk Compaq hanya beda versi + serial numbernya saja, mungkin hanya beda generasi tapi ga jauh-jauh amat karena bentuknya hampir sama persis  kalo ga salah type CQ ane lupa lagi, soalnya udah pada di ambil sama yang empunyanya.

Setelah ane cek juga laptopnya ternyata yang satu ini malah lebih parah, power adaptornya sama laptopnya udah pada berantakan abis dibonkar kali ama temen ane he...he...
Oke deh sob kita langsung aja setelah melalui proses yang melelahkan akhirnya sumber permasalahan pertama dari kedua laptop ini adalah pada  Power Adaptor Laptop  terutama di bagian kabel ground.

Langkah-langkah Memperbaiki Power Adaptor Laptop :
1. Siapkan alat-alatnya dulu seperti Obeng Min, Tang Potong dan tentunya solder + timahnya sob
2. Buka casing adaptornya pake obeng min, atau pake gergaji juga bisa sampai casing adaptornya terbuka
3. Pada kasus ane ini kedua kabel Power Adaptor yang bermasalah seolah tidak terjadi kerusakan karena kondisi kabel power adaptor begitu rapi , tapi setelah di telusuri kabel grounding adaptor yang merupakan kabel serabut sebagian besar terputus dan sebagian kecil masih tersambung.


4. Silahkan sobat potong untuk kemudian sobat sambung kembali pada PCB Power Adaptornya, tes terlebih dahulu sebelum ditutup kembali jika sudah oke, baru tutup kembali adaptor sobat dengan rapi. Bisa menggunakan solasi hitam atau kalo mau di lem kembali juga boleh.

Permasalahan kedua dari laptop ponakan ane berkisar pada softwarenya dimana OS nya yang menggunakan Windows 7 juga ikut crash, dan cukup dengan backup data lalu di Install Ulang Kembali OS nya, laptop ponakan ane sudah sehat kembali.
Berbeda dengan laptop nya temen ane yang ternyata masih berlanjut pada masalah yang lain dimana setelah laptopnya sudah bisa hidup kembali kerusakan lainnya diantaranya :
1. Adator Laptopnya tidak bisa di cas dan selalu 0%
2. Disk Boot Failure
3. Temperature Laptop Tidak Normal ( Over Heat )

Sobat semua kesimpulan ane dari kerusakan laptop ini dikarenakan bermula dari power adaptor yang kadang nyambung kadang putus jika kita menggunakan power adaptornya, sehingga mengakibatkan rusaknya Adaptor laptop itu sendiri dan berlanjut pada temperature mobo yang tidak normal dan kemungkinan pada matotnya mobo. Tapi mobo laptop temen ane beruntung masih hidup he..he...
1. Untuk Adaptor Laptopnya karena sudah drop sama sekali tidak bisa di isi, jalan satu-satunya harus di ganti, tapi untuk sementara sebelum ada ada gantinya masih bisa di pakai tanpa adaptor laptop.
2. Untuk Disk Boot Failure disebabkan karena seluruh partisi Hard Disk hilang, untuk mencoba mengembalikannya  sobat bisa menggunakan tool atau software  yang dapat mengembalikan partisi Hard Disk seperti Paragon, Partition magic, atau pada artikel sebelumnya ane pernah posting tentang Download Active Partition Recovery mudah-mudahan masih bisa di kembalikan, kalau pun tidak bisa jalan satu-satunya harus di buat partisi baru dan di Install ulang OS nya.
3. Dan Untuk Temperatur Laptop yang tidak normal ( Panas ) karena penyebabnya dari cooling fan Processor yang tidak berfungsi sobat harus menentukan di bawa ke service centre atau mau di coba sendiri, karena untuk kerusakan yang ini di tuntut keahlian dan ketelitian sobat dalam membongkar dan memasang kembali laptop  sampai cooling processornya bisa di ganti dengan yang baru. Adapun cara alternatif lain jika cooling fan  proccesornya tidak ada sparepartnya dan memang akan sangat sulit sekali mencari sparepart yang sama persis. 
Untuk kasus laptop temen ane ini misalnya cabut saja kabel warna merah pada cooling fan processor sobat lalu sambungkan dengan 5V USB ( Universal Serial Bus ) yang ada pada mobo laptopnya dan coba di tes terlebih dahulu jika sudah oke baru di tutup dan di bereskan kembali laptopnya.

Demikian postingan ane kali ini berbagi pengalaman dengan sobat semuanya semoga ada guna dan manfaatnya, adapun mengenai judul di atas yang ane ambil Cara Service Laptop Matot ( Mati Total ) sedangkan yang ane tangani Laptop merk Thosiba, pada dasarnya semua permasalahan laptop matot salah satu caranya dapat coba di lakukan cek & ricek seperti cara diatas. Selama kerusakan belum pada tingkat yang lebih parah seperti rusak chipsetnya atau secara keseluruhan rusak mobonya.


Description:Cara Service Laptop Matot ( Mati Total ) Rating: 5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Service Laptop Matot ( Mati Total )

Posted by:

dedendeni75blog

Updated at : 5:50 PM

Labels

Silahkan tinggalkan komentar anda, Mohon maaf apabila komentar tidak secepatnya saya balas.

© 2013 dedendeni75blog | Powered by Blogger