Do’a Ismul A'zhom | dedendeni75blog
logo

Do’a Ismul A'zhom

Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamualaikum Wr. Wb.

Ismul A'zhom adalah merupakan sebuah do’a yang terdapat di dalamnya rangkaian dari beberapa Nama-Nama ALLAH yang indah (Asmaul Husna). 

Mengenai apa-apa saja Ismul A’zhom itu para sahabat nabi dan ahli hadits memilki beberapa pendapat, yang mana satu dengan lainnya saling melengkapi.

Dan banyak ulama ahli hikmah yang menggunakan sarana doa Ismul A'zhom ini untuk tujuan keilmuhikmahan mereka, untuk keselamatan dari segala bencana dan kejahatan. Karena khasiat dari Ismul A'zhom adalah apabila berdoa pasti dijawab dan apabila meminta pasti diberikan oleh ALLAH SWT. 
Sedangkan bunyi dari doa Ismul A'zhom itu ada yang berasal dari Nabi Muhammad SAW langsung dan ada juga buatan para ulama.








Adapun menurut hadits Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan dari Baridah ra. dia berkata :
"Nabi SAW pernah mendengar seseorang berdoa yang mengucapkan,
 "Allaahumma inni as-aluka bi-annii asyhadu annaka antallaahu laa ilaaha illaa antal ahadush shomadul ladzii lam yalid walam yuulad walam yakullahuu kufuwan ahad." (artinya : Ya ALLAH sesungguhnya aku minta kepada-Mu dengan bahwa aku bersaksi bahwa Engkau adalah ALLAH yang tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau yang Maha Esa lagi Maha Tempat Meminta, yang tidak beranak dan tidak dilahirkan dan tidak ada yang menyamainya oleh sesuatu apapun).

Baridah ra. kembali berkata : "Nabi (kemudian) berkata, "Demi yang jiwaku ada ditangan-Nya, sungguh orang itu meminta kepada ALLAH dengan Ismul A'zhom (nama-Nya yang Agung), yang apabila dia berdoa dengan Ismul A'zhom tersebut maka ALLAH akan menjawabnya, dan apabila dia meminta dengan Ismul A'zhom tersebut maka ALLAH akan berikan".
(Hadits Riwayat Imam Abu Daud, Turmudzi, An Nasa-i dan Ibnu Majah)

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa Ismul A'zhom itu terdapat juga pada dua ayat Al Qur'an yaitu : 
Wa ilaahukum ilaahuwwaahid, laa ilaaha illaa huwarrohmaanurrohiim. 

Dan juga pada pembukaan surat Ali 'Imron yaitu : 
Alif Laaam Miiiim. Allaahu laa ilaaha ilaa huwal hayyul qoyyuum. 

Ada juga dalam ayat Kursyi serta doa Nabi Yunus as yaitu : 
Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazhzhoolimiin.

“Nama Allah Yang Paling Agung, yaitu Ismullahil A’zhom, yang mana bila diucapkan dalam doa, niscaya dimustajabkan, doa itu berada dalam ayat ini bagian dari surat Ali Imran (pada ayat 26),


Allah berfirman: “ Katakanlah: “Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Demikianlah keterangan tentang Ismullahil A’zhom yaitu Asma Allah yang paling Agung yang mana jika seseorang berdoa dengan mempergunakannya maka doanya pasti dimustajabkan Allah dalam waktu singkat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Description:Do’a Ismul A'zhom Rating: 5 Reviewer: Deden Deni ItemReviewed: Do’a Ismul A'zhom

Posted by:

dedendeni75blog

Updated at : 8:45 AM

Labels

Silahkan tinggalkan komentar anda, Mohon maaf apabila komentar tidak secepatnya saya balas.

© 2013 dedendeni75blog | Powered by Blogger